ridwan kamil

Cuma Kang Emil dan Risma, Calon Kuat Penantang Ahok

Berita ini telah dilihat 4,205 kali

 

hma pas

Holden Makmur:
BERITABUANA.CO, JAKARTAPengamat sosial politik Dr. Holden Makmur memperkirakan jika Walikota Bandung Ridwan Kamil (Kang Emil) atau Walikota Jawa Timur Tri Risma maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, keduanya berpotensi mengalahkan Basuki Tjahaja Purna atau Ahok sebagai calon incumbent.

Ridwan Kamil dan Risma boleh dibilang menjadi calon terkuat untuk mengalahkan popularitas Ahok. Kedua tokoh itu berpeluang menjadi Gubernur DKI, hasil berbagai lembaga survei telah membuktikannya, perbedaan dukungan ke Ahok, Ridwan Kamil juga Risma tidak terpaut jauh,” kata Holden kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Menurut Holden baik Ridwan maupun Risma berpotensi untuk maju dan memenangkan Pilkada DKI 2017. Keduanya memiliki rekam jejak dan kinerja yang baik saat memimpin Kota Bandung dan kota Surabaya.

Dia menyatakan, sosok kedua pemimpin ini fenomenal, tidak banyak bicara tetapi memberikan bukti dengan bekerja. Sebagai sosok pemimpin muda, Ridwan Kamil menjadi tokoh inspirasi dan kebanggan serta dicintai masyarakatnya.

Dia mencipatakan inovasi yang strategis untuk kemajuan kota Bandung di masa depan, meski yang dilakukannya sederhana namun sangat berarti dan menyentuh sisi-sisi kemanusiaan masyarakat Bandung,” tuturnya.

Demikian juga dengan Risma, Holden berpendapat kalau yang besangkutan sudah dikenal dekat dengan masyarakat Surabaya, punya rekam jejak yang baik, ditambah lagi banyaknya prestasi dan penghargaan yang telah diraihnya seperti menjadi walikota terbaik dunia pada tahun 2014.

Ini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Surabaya, mengangkat nama baik bangsa Indonesia. Karena itu wajar saja jika banyak partai politik kepincut untuk meminang mereka menjadi calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta nanti,” kata jebolan Doktor dari Philippine Christian University, Filipina ini.

Memang kata dia, masih tanda tanya apakah keduanya bersedia atau tidak. Tapi dia memperkirakan, kemungkinan Ridwan Kamil akan bersedia maju jika dilamar partai politik untuk maju sebagai calon.

Terkait dengan sosok calon wakil gubernur, Holden mengatakan, Sekda DKI Jakarta Saefullah dan pengusaha muda Sandiago Uno cocok dan layak mendampingi Ridwan Kamil atau Risman.

Saefulla adalah putra daerah Betawi yang sukses berkarier sebagai PNS hingga menduduki jabatan seperti sekarang. Dia akan lebih memahami karakteristik bagaimana seharusnya membangun masyarakat Jakarta.

Sementara Sandiaga Uno menurut Holden memiliki jiwa visioner, sebagai pengusaha yang terlahir dalam era krisis 98. Karena itu dirinya yakin, Sandiago dapat mengerti bagaimana pembangunan di Jakarta harus dilakukan.

Memimpin Jakarta tidak sekedar dengan berani dan tegas saja, Masyarakat Jakarta menginginkan pemimpin yang arif dan bijaksana dalam memetakan permasalahan yang ada dan dapat memberikan contoh teladan bagi masyarakat,” jelas Holden.

Namun tambah Holden, siapa pun calon yang bertarung pada pilkada Jakarta nanti, hendaknya orang yang memahami seluk-beluk persoalan yang terjadi di DKI Jakarta.

Memimpin dengan bijak dan visioner, karena ada sejumlah persoalan yang menjadi sorotan di Jakarta antara lain banjir, sistem transportasi, dan pembenahan terhadap perkampungan kumuh, demikian Holden Makmur. (Ansim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *